× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Ampuh Sultra Desak Polda Periksa Pimpinan Antam Tbk Konut Atas dugaan ILegal Mining

AMPUH SULTRA AMPUH SULTRA

Ampuh Sultra Desak Polda Periksa Pimpinan Antam Tbk Konut Atas dugaan Illegal Mining

KENDARI - (TEROPONGSULTRA) - Aliansi Masyarakat Peduli Hukum Sulawesi tenggara (AMPUH - SULTRA) melalui koordinator presidiumnya Hendro Nilopo menuding aktifitas PT Aneka tambang di kab konawe utara saat ini melanggar aturan.

Menurut dia, saat di hub via whats app nya, pada minggu 28/7/19 berdasarkan hasil investigasi dan laporan masyarakat kepada Ampuh Sultra di temukan adanya dugaan aktifitas illegal mining oleh PT. Antam Tbk di Blok Tapunopaka Kecamatan Lasolo Kepulauan Kabupaten Konawe Utara Seperti melakukan aktifitas di kawasan hutan negara tanpa mengantongi izin pinjam pakai kawasan hutan atau IPPKH 

Selain itu, lanjut Hendro PT Antam juga di duga telah melakukan penyerobotan lahan masyarakat di block tapunopaka kecamatan laoso kepulauan serta melakukan eksport nickel tanpa terlebih dahulu melakukan pemurnian sebagaimana diatur dalam UU No 4 tahun 2009 tentang mineral dan batu bara yang mengakibatkan adanya kerugian negara.

Olehnya itu, kami yang terhimpun dalam Aliansi Masyarakat Peduli Hukum sulawesi tenggara (AMPUH-SULTRA) mendesak

1 MABES POLRI melalui Polda Sultra Segera memproses Hukum Pimpinan PT. ANTAM Tbk Konawe Utara Karena telah sengaja melakukan penambangan didalam kawasan Hutan Lindung tanpa mengantongi IPPKH.

2.Mendesak Kementrian ESDM RI melalui Dinas ESDM Provinsi Sultra Untuk tidak memberikan Izin Kuota Eksport kepada PT. ANTAM Tbk Konawe Utara.

3. Mendesak Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tenggara untuk menghentikan segala bentuk kegiatan PT. ANTAM Tbk. Konawe Utara sebelum menyepakati pembangunan Smelter di Konawe Utara.

4. Mendesak DPRD Provinsi membentuk TIM Investigasi untuk turun di wilayah operasi PT. ANTAM Tbk Konawe utara Blok Tapunopaka Kec. Lasolo Kepulauan, terkait dugaan penyerobotan lahan masyarakat.

5. Mendesak Gubemur Sultra untuk membekukan dan mencabut IUP PT. ANTAM Tbk Konawe Utara jika tidak mengindahkan apa yang menjadi tuntutan masyarakat terkait pembangunan Smelter (pemurnian).


Laporan : (TIM )

loading...