× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Camat Palangga diduga Gelapkan Dana Kompensasi Tambang

Bupati & Wakil Bupati Konsel saat menemui massa aksi. Foto: Istimewa Bupati & Wakil Bupati Konsel saat menemui massa aksi. Foto: Istimewa

Konawe Selatan, TeropongSultra.id-Jalil, yang menjabat sebagai Camat Palangga disinyalir menggelapkan dana kompensasi (tunjangan finansial) dari  beberapa Perusahaan tambang kepada warga pemilik lahan di Andoolo, Konawe Selatan. Akibatnya, warga yang gerah dengan perbuatan pejabat Kecamatan tersebut, meminta kepada Bupati Kabupaten Konsel, Surunuddin, untuk mencopot status jabatannya sebagai Camat Palangga.

Seruan pemberhentian tersebut bukan tanpa sebab. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) pemuda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Konawe Selatan itu, sebelumnya mengaku telah mengantongi sejumlah catatan hitam Jalil.

"Camat Palangga telah melakukan monopoli dana perusahaan tambang yang diperuntukan oleh pemilik lahan dengan menyunat anggarannya. Ironisnya, ia mematok besaran dana yang akan diambilnya dalam setiap penerima kompensasi,". Ujar Jefri, Ketua DPD Pemuda LIRA Konsel, saat menggelar aksi demonstrasi di Pelataran Kantor Bupati Konsel, Selasa (23/1/2018).

Meski sempat besitegang dengan aparat Satpol PP, Massa aksi  kemudian berhasil menemui Bupati Konsel, Surunuddin, usai melantik pejabat Eselon lingkup Pemda Konsel di pelataran rumah jabatannya.

Saat menemui masa aksi, Surunuddin Dangga menjanjikan akan segera membentuk tim untuk meninjau lokasi pertambangan tersebut.

"Kami akan segera bentuk tim untuk meninjau lokasi pertambangan yang dinilai bermasalah itu, setelah itu akan kami panggil Camat bersangkutan". katanya.

Untuk diketahui, dalam pernyataan sikapnya, DPD LIRA Konsel tidak hanya menuntut agar Jalil dicopot dari jabatannya sebagai Camat Palangga. DPD LIRA Konsel juga mendesak agar DPRD Konsel melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama LIRA, pimpinan PT. Macika Mada Madan, PT. Jagad Raya Tama, dan PT. Sambas Mineral Mining, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  untuk menyelesaikan polemik dana Kompensasi dan Dana Community Development (ComDev) tersebut. 

 

Laporan: Tim

 

 

loading...