× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Jaringan Advokasi Hukum Dan Lingkungan Indonesia Desak Dinas ESDM Cabut IUP PT Paramita

Foto Ilustrasi Foto Ilustrasi

KENDARI - (TEROPONGSULTRA) - Massa yang mengatas namakan Jaringan Advokasi Hukum dan Lingkungan Indonesia (jaringan AHLI) menggelar aksi unjuk rasa di kantor Esdm Prov sultra menuntut pencabutan IUP PT Paramita Kamis 9/5/19

Masa yang di komandoi Gamsir mendesak Dinas energi dan sumber daya mineral prov sultra segera mencabut IUP PT Paramita oleh sebab selama ini dalam aktifitasnya, perusahaan di maksud tidak memiliki rencana Kegiatan dan Anggaran Biaya (RKAB) 

Sementara itu, Undang undang No 4 tahun 2009 pasal 140 ayat 3 menyatakan Menteri, Gubernur dan Bupati/walikota sesuai dengan kewenanganya melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan yang di lakukan oleh pemegang IUP, IPR atau IUPK

Pengawasan sebagaimana di maksud, dalam pasal 140 antara lain berupa tekhnis pertambangan pemasaran keuangan pengolaan data mineral dan batu bara konservasi sumberdaya mineral dan batu bara keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan.

Disisi lain, pergub No 89 tahun 2016 tentang perubahan atas pergub no 39 tahun 2013  tentang peningkatan nilai tambah dan pengendalian ekspor mineral dan batu bara di wilayah sultra di mana pergub ini berisi tentang kewajiban pemilik IUP sebelum melakukan penjualan dan pemasaran maka harus terlebih dahulu mendapatkan surat keterangan verifikasi dari dinas ESDM.

Sedangkan RKAB,  merupakan kewajiban pemilik IUP dan IUPK sebelum melakukan penambangan peroduksi dan pemasaran sesuai dengan undang undang No 4 tahun 2009.

Olehnya itu berdasarkan hasil investigasi dan temuan yang kami dapatkan didesa boedingi dan boenaga kec lasolo kepulauan maka kami yang tergabung dalam jaringan Advokasi Hukum dan Lingkungan Indonesia, mendesak pihak ESDM sultra segera mencabut IUP PT Paramita persada tama karna telah melakukan aktifitas dan penjualan ore tanpa memiliki RKAB. 

Meminta Polda sultra untuk menangkap para pelaku ilegal mining yang berada di boedingi dan boenaga kec lasolo kepulauan. (TIM) 

loading...