× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

PT SRL 1 Berikan Bantuan Bibit Ikan Nila Ke Warga Desa Bulumario

Ketgam : penyerahan bibit ikan Ketgam : penyerahan bibit ikan

TEROPONGSULTRA, - PT. Suryaraya Lestari 1 (AASRL 1) yang merupakan anak perusahaan dari PT. Astra Agro Lestari, Tbk menunjukkan komitmenya dalam kontribusi ke masyarakat sekitar perusahaan melalui program CSR bidang Ekonomi. Kali ini PT SRL 1 memberikan bantuan 7000 ekor bibit ikan Nila super kepada masyarakat di desa Bulumario sebagai perwujudan program pemberdayaan masyarakat lokal dalam budidaya ikan air tawar yang telah digagas dan disepakati sebelumnya antara pihak pemerintah Desa Bulumario dan PT SRL 1 yang dijalankan oleh Andi Ibrahim selaku Asisten CSR PT SRL 1, Selasa (16/11/2021). 

Mewakili Administratur PT SRL 1, M Tugiran, Bantuan bibit ikan nila super tersebut diserahkan langsung oleh KTU PT SRL 1 Ilham Munazat Purba yang dilakdanakan di halaman kantor Desa dan diterima langgsung oleh Kepala Desa (Kades) Bulumario, Burhan, didampingi oleh Sekdes Bulumario Sultan. 

Turut pula hadir dari manajemen PT SRL 1 Edy Mardianto selaku Asisten Kemitraan dan Andi Ibrahim selaku PIC CSR sekaligus pelaksana program Budidaya Ikan Air Tawar. Penyerahan bibit ikan Nila juga disaksikan oleh anggota kelompok budidaya yang siap untuk menerima bantuan dari perusahaan ini. Setelah prosesi penyerahan, dilakukan pelepasan bibit ikan secara bersama-sama di kolam milik H. Misran selaku koordinator kelompok budidaya ikan di desa Bulumario. 

Program CSR Bidang Ekonomi khususnya Budidaya Ikan Air Tawar yang dijalankan oleh PT. SRL 1 ini mendapat apresiasi dan respon positif baik dari pemerintah desa maupun masyarakat Desa Bulumario. 

"Kami sangat berterima kasih kepada PT SRL 1 dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas adanya program pemberdayaan masyarakat dalam budidaya ikan air tawar khususnya budidaya ikan nila ini ke masyarakat kami di Desa Bulumario ini. Program ini sudah sangat tepat untuk merespon kondisi saat ini ke masyarakat untuk membudidayakan ikan air tawar yang nantinya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan masyarakat", ungkap Kades Bulumario, Burhan.

Selain itu Burhan juga mengatakan bahwa diketahui bersama masyarakat di desa Bulumario ini banyak memiliki kolam ikan, sehingga dengan adanya bantuan ini ia berharap kepada kelompok yang sudah dibentuk dapat memanfaatkan dan memelihara dengan baik.

"Semoga bantuan bibit ikan nila yang telah diberikan oleh pihak PT SRL 1 dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya", harapnya.

Hal senada juga dikemukakan oleh Endang Ely selaku tokoh masyarakat sekaligus anggota kelompok budidaya ikan bahwa dengan adanya bantuan bibit ikan nila dari PT SRL 1 memberikan manfaat kepada masyarakat untuk pengembangan ekonomi kreatif khususnya pembudidayaan ikan. 

Sementara itu, Andi Ibrahim selaku Pelaksana Program CSR PT SRL 1 menjelaskan bahwa pemberian bantuan 7000 bibit ikan Nila Super ini merupakan tindaklanjut dari hasil diskusi dan kesepakatan dengan pihak pemerintah Desa Bulumario dan masyarakat terkait pemberdayaan masyarakat lokal dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui program budidaya ikan air tawar.

"Program bantuan bibit ikan nila ini adalah salah satu wujud komitmen PT SRL 1 dalam menjalankan program CSR nya dan sebagai kontribusi ke masyarakat sekitar perusahaan dalam pengelolaan sumber daya manusia untuk mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat melalui potensi kearifan lokal yang dimiliki oleh masyarakat di desa Bulumario ini", Ucapnya. 

Lebih lanjut, Andi juga menyampaikan bahwa bukan hanya sekadar memberikan bantuan bibit ikan saja namun kedepannya akan dilakukan pendampingan, monitoring, dan evaluasi kepada kelompok secara berkala untuk mewujudkan keberhasilan dan keberlanjutan program budidaya ikan air tawar.

"Program ini tidak sampai disini saja, namun kami akan melakukan pendampingan agar Masyarakat dapat merasakan hasil dari apa yang telah kami programkan", tutupnya.

 

Laporan : E Syam

loading...