× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Tingkatkan Kesetaraan Gender, Pemda Konsel Gelar Rakor dan Evaluasi Pelaksanaan PUG

Ketgam: Pembukaan Rakor dan Evaluasi pelaksanaan Pelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di salah satu hotel di Kendari, Selasa, (25/5/2021). Ketgam: Pembukaan Rakor dan Evaluasi pelaksanaan Pelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di salah satu hotel di Kendari, Selasa, (25/5/2021).

 

KENDARI, TEROPONGSULTRA.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan kesetaraan gender di daerahnya, salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi pelaksanaan Pelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di salah satu hotel di Kendari, Selasa, (25/5/2021).

Kegiatan ini di buka oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Ir H Sjarif Sajang di dampingi Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Dra Hj Yuliana dan di hadiri oleh Wakil Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Suharni Rasyid.

Dalam sambutannya Sekkab Konsel Sjarif Sajang mengatakan, PUG adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara). Ia mengungkapkan, Strategi ini diwujudkan melalui kebijakan dan program.

"Jelasnya, yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki kedalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan dan pembangunan," kata Sjarif, Selasa, (25/5/2021).

Untuk itu, mantan Kadis Perhubungan Kota Kendari ini berharap, rakor dan evaluasi PUG dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.

"Dan seluruh stakeholder terkait dapat memahami apa itu PUG dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari," harapnya Sekda Sjarif.

Sementara itu, Kadis DP3A Konsel Yuliana, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan dan memberikan informasi dan gambaran umum kepada peserta tentang penerapan PUG di wilayah masing-masing.

"Peserta berjumlah 50 (lima puluh) orang terdiri dari perwakilan OPD, tokoh masyarakat, tokoh agama,PKK dan ormas se-Konsel," tandasnya.

loading...