× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

8 Dosen UMK Hengkang, Mahasiswa Minta Dekan Teknik Mundur Dari Jabatannya

Dokumentasi Foto Emil Dokumentasi Foto Emil

KENDARI, TeropongSultra.id- Dugaan tindak kekerasan dan penggelapan dana yang dilakukan oleh Dekan sekaligus Dosen pengajar di Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiah Kendari (FT-UMK) saat ini tengah menjadi persoalan besar di lembaga UMK.

Pasalnya, kedua hal tersebut telah memicu amarah Ratusan Mahasiswa Teknik UMK dan seluruh Mahasiswa Teknik se Sulawesi Tenggara (Sultra) dan juga beberapa orang dosen FT-UMK yang secara bersamaan mengajukan  pengunduran diri sebagai dosen tetap di UMK.

Dekan Fakultas Teknik UMK atas nama Moch. Assiddiq diduga telah melakukan kekerasan terhadap dua orang mahasiswa Teknik UMK, dan menggelapkan uang operasional perjalanan mata kuliah Studi Kerja Lapangan S1 Teknik Arsitektur,  senilai kurang lebih 16 Juta Rupiah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Mahasiswa Teknik Arsitektur UMK, Pangga saat ditemui di UMK, Selasa 23 Januari 2018.

Mewakili seluruh Mahasiswa UMK , Pangga mengatakan, Moch. Assidieq telah menendang dua mahasiswa Teknik dengan alasan bahwa pihaknya (Moch. Assidieq) sangat jengkel kepada kedua mahasiswa tersebut yang selalu berpenampilan urak-urakan di kampus.

Selain itu, Moch Assidieq juga diduga telah menggelapkan uang operasional perjalanan melalui biaya travel yang dibebankan kepada mahasiswa senilai Rp 4.100.000, namun tanpa alasan yang jelas, oknum dosen tersebut mengambil alih dan menaikan biaya tersebut hingga mencapai Rp.4.500.000 tanpa sepengetahuan mahasiswa terkait.

"Ada dua point yang menjadi alasan tuntutan kami. Pertama, Tindak kekerasan (menendang) yang dilakukan oleh Dekan FT-UMK kepada dua mahasiswa FT dalam keadaan sadar dan di dua tempat yang berbeda, kedua, kami menduga Dekan FT-UMK telah melakukan penggelapan uang operasional Perjalanan mata kuliah Studi Kerja lapangan SI Teknik Arsitektur. Senilai kurang lebih 16 Juta Rupiah," ungkap Pangga, Selasa (23/1/2018).

Selain 8 (Delapan) orang dosen yang telah mengundurkan diri, pihak Mahasiswa FT-UMK juga mengancam akan keluar dari UMK secara berjamaah jika Dekan tersebut tidak diturunkan jabatannya sebagai Dekan.

 

Laporan : Emil

Editor     : Kevin

 

 

loading...