× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Berkas Tersangka Korupsi Bibit Konut, Bakal Di Meja Hijau

Ketgam : kasipenkum Kejati James Ketgam : kasipenkum Kejati James
Berkas Tersangka Korupsi Bibit Konut, Bakal Di Meja Hijau
 
 
KENDARI - TEROPONGSULTRA.ID - Kasus dugaan korupsi pengadaan bibit di lingkup Dinas Kehutanan (Dishut) kabupaten Konawe Utara (Konut) 2015 lalu oleh tersangka Mantan Kadishut Konut, Amiruddin Supu, yang juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Saat ini berkas P21 atau tahap dua telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra).
 
Ditemui diruang kerjanya oleh awak media TeropongSultra.id, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sultra, Janes Mamangkey SH,membenarkan hal tersebut. Namun demikian meski berkasnya telah lengkap pihaknya masih menunggu penyerahan tersangka tersebut dari Polda Sultra.
 
" Jadi, saat ini berkasnya sudah lengkap, kita tinggal menunggu penyerahan tersangka dan barang bukti dari pihak Polda, "ungkapnya, Senin (13/10/2017).
 
Kendati demikian, menurutnya, sebelum kasusnya beralih ke Pengadilan Negeri (PN) Tipikor/PHI Kelas I A Kendari. Pihaknya juga masih sementara menunggu penyusunan berkas dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sultra.
 
" Saat ini kan berkasnya lengkap, namun tinggal bagaimana penyidik dengan JPU berkoordinasi kapan waktunya untuk menyiapkan berkas dakwaannya, yang jelas kalau sudah lengkap, pasti segera bergulir di Pengadilan, " Lata Janes.
 
Kasus tersebut bermula pada 2015 lalu, dimana saat itu penyidik Polda Sultra telah menetapkan Amiruddin Supu sebagai tersangka dalam keterlibatan proyek bibit fiktif dikabupaten Konut tahun 2015 lalu berupa bibit jati, eboni, dan bayam dengan total anggaran Rp 1,1 miliar.
 
Alhasil, berdasarkan hasil audit Badan Pengawas Keuangan Pembangunan (BPKP) perwakilan Sultra, penyimpangan dari proyek itu negara dirugikan sebesar Rp 700 juta.
 
Laporan : Andi Fahrul
Editor     : Kevin
loading...