× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Dirut PD Utama Sultra Diduga Selewengkan Dana Kemitraan Pengelolaan SPBU

Ketgam: peserta aksi Ketgam: peserta aksi
Dirut PD Utama Sultra Diduga Selewengkan Dana Kemitraan Pengelolaan SPBU 
 
 
KENDARI - (TEROPONGSULTRA) dana kemitraan yang diberikan oleh PD Utama Sultra tahun 2015 lalu, sebesar Rp 1 Miliar untuk pengelolaan SPBU yang berada di eks Rumah Sakit (RS) Provinsi Sultra, Jalan Samratulangi diduga telah diselewengkan.
 
Pasalnya, dalam aktivitasnya SPBU tersebut tidak dikelola secara propesional, sehingga diakhir tahun 2015 tutup, karena mengalami kerugian kurang lebih Rp 300 Juta. 
 
"Dalam aktivitasnya, PD Utama Sultra diduga merugikan keuangan daerah atas pengelolaan SPBU itu," ungkap Ikram Korlap Lembaga Informasi Data Investigasi dan Kriminal Khusus Republik Indonesia (Lidik Krimsus RI),  saat menggelar demonstrasi di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, Selasa (12/9).
 
Bahkan lanjut Ikram, aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, itupun kini hilang. Sehingga disinyalir ada upaya untuk menutupi dugaan penyelewengan anggaran tersebut.
 
"Kerugian daerah kurang lebih Rp 300 Juta itu yang selama ini ditutupi oleh dewan pengawas perusahaan daerah, dalam hal ini biro ekonomi. Ada indikasi untuk melindungi Dirut PD Utama Sultra, Hariyanto dari jeratan hukum atas kerugian dalam pengelolaan dana kemitraan teraebut," jelasnya.
 
Untuk itu pihaknya mendesak kejati agar segera melakukan penyelidikan terhadap dugaan korupsi dan penghilangan aset daerah tersebut. 
 
"Kami minta agar kejati segera melakukan upaya hukum terhadap Dirut PD Utama Sultra, serta dewan pengawas perusahaan daerah," tutpnya.(mg11)
loading...