× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & Bisnis

Dua Pengedar Sabu Asal Kolaka Diancam Hukuman Mati

Ilustrasi Ilustrasi

KENDARI, (TEROPONGSULTRA) - Dua pelaku yang diduga sebagai pengedar narkotika golongan I jenis sabu asal Kelurahan Balandete, Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka diancam dengan hukuman mati.

Kepala Bidang Berantas BNNP Sultra, Kompol Anwar Toro mengatakan dua pelaku yakni OP (33) dan AD (39) telah terbukti melanggar Pasal 114 ayat (2) subs Pasal 112 (2) dan atau Pasal 127 ayat 1 huruf A UURI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman hukumannya minimal enam tahun penjara hingga 20 tahun penjara atau pidana penjara seumur hidup hingga pidana mati," jelas Anwar Toro saat menggelar press converence di BNNP Sultra, Selasa (08/10/2019).

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengamankan dua orang pelaku yang diduga sebagai pengedar narkotika golongan I jenis sabu di Kolaka.

Penangkapan bermula dari informasi masyarakat bahwa ada paket kiriman barang narkotika jenis sabu dari Makassar tujuan Kolaka melalui bus Bintang Selamat.

Menerima laporan tersebut, petugas BNNP Sultra langsung bergerak menuju perwakilan PO. Bintang Selamat di Kolaka. Disana, petugas mengawasi seluruh barang yang diturunkan dari mobil yang dicurigai berisi narkotika.

"Saat pelaku OP datang ke perwakilan Bintang Selamat dan mengambil barang yang dicurigai berisi narkotika, pelaku langsung kami tangkap. OP kita amankan bersama dua buah dus yang baru diambil dari perwakilan Bintang Selamat," kata Anwar

Dari hasil interogasi petugas, pelaku PO mengambil barang haram tersebut atas perintah dari pelaku AD. Sehingga petugas BNN kemudian melakukan pengembangan dan menangkap AD di rumahnya tepatnya di depan perwakilan Bintang Samudera.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan BNNP Sultra adalah, tujuh bungkus plastik bening yang berisi kristal warna putih yang diduga narkotika jenis sabu, dengan berat bruto seluruhnya 353 gram.

Laporan: A_FA
Editor: N-RZ

loading...