× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & BisnisWisataPutra Daerah

Soal Napi Berkeliaran, Ka Rutan Kelas II B Unaaha Dapat Teguran Keras

Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba bersama Awak Media di Kanwil Kemenkumham Sultra Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba bersama Awak Media di Kanwil Kemenkumham Sultra

KENDARI -  Seorang warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Unaaha, Sulawesi Tenggara (Sultra) kedapatan berkeliaran bebas di luar Rutan beberapa waktu lalu.

Kejadian ini terekam kamera CCTV di salah satu rumah makan di Kota Kendari pada Selasa, 23 Februari 2021 dan disuarakan oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda LIRA Sultra.

Warga binaan itu diketahui adalah oknum Wakil Ketua DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Imanuddin yang ditahan atas kasus Undang-undang ITE berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi (PT) dengan nomor perkara nomor 11/Pid.Sus/2021/PT KDI.

Atas kasus tersebut, Imanuddin divonis bersalah dan harus menjalani hukuman selama 3 (tiga) bulan 15 (lima belas) hari kurungan penjara.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra Silvester Sili Laba mengatakan, pihaknya telah melakukan sidang untuk menelaah perkara tersebut.

Hasil telaah oleh tim Kemenkumham Sultra, Imanuddin diizinkan keluar Rutan untuk kepentingan pemeriksaan kesehatan dan hal itu dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Meski demikian, pihaknya tetap memberikan teguran keras kepada Kepala Rutan Kelas II B Unaaha, Herianto karena dianggap lalai memberikan informasi ke masyarakat terkait adanya warga binaan yang kedapatan berada diluar Rutan dan  tanpa pengawalan.

"Semua sudah sesuai prosedur. Tapi, saya kasi sanksi teguran keras kepada saudara Herianto, karena waktu dikonfirmasi oleh wartawan dia bilang kalau Napi itu keluar untuk pemeriksaan penyakit jantung, padahal dia kan pemeriksaan Covid,” kata Silevester Sili Laba di Kendari, Selasa, (6/4/2021).

Kakanwil Kemenkumham Sultra juga menyampaikan terima kasih kepada Pemuda LIRA Sultra yang telah memberikan kontrol terhadap kinerja anggotanya.


Sementara itu, Ketua DPW Pemuda Lira Sultra, Sartito mengapresiasi kesigapan Kanwil Kemenkumham Sultra dalam menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang telah disuarakan.

 

“Kedepannya, kami berharap lembaga Kemenkumham ini tidak ternodai dengan pihak-pihak yang terpidana,” ungkap Sartito.

loading...