× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & Bisnis

Dugaan Penelantaran Pasien, DPRD Kota Kendari Akan Panggil Manajemen RS Tiara Sentosa

LM. Rajab Jinik LM. Rajab Jinik

KENDARI,(TEROPONGSULTRA) - Menindaklanjuti keluhan keluarga pasien, yang sempat di terlantarkan, DPRD Kota Kendari akan segera memanggil manajemen Rumah Sakit Tiara Sentosa

Hal itu diungkapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM. Rajab Jinik saat dikonfirmasi awak media melalui WhatsApp, Rabu 26 Oktober 2022 malam. 

Menurut politisi Partai Golkar ini, pelayanan kesehatan di rumah sakit baik plat merah maupun swasta, tak luput dari pengawasan pihaknya. 

"Kami akan memanggil manajemen Rumah Sakit Tiara Sentosa ini nanti di DPRD, untuk kita tanya ada apa dalam segi pelayanan seperti ini," kata Ketua AMPG Kota Kendari ini. 

Selain pihak Rumah Sakit Tiara Sentosa, Komisi III DPRD Kota Kendari juga akan memanggil Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai evaluator dari pendirian rumah sakit swasta di kota lulo. 

"Dalam segi pelayanan seperti ini, harus ada tanggapan serius dari Dinkes. Jika memang terbukti ada penelantaran dalam hal pelayan kesehatan dalam hal Hak Asasi Manusia (HAM), maka Rumah Sakit Tiara Sentosa harua diberi sanksi, jangan dibuat seperti ini masyarakat kita," tegas LM. Rajab Jinik. 

Menurut dia, pelayanan kesehatan menyangkut HAM. Sehingga persoalan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja. 

"Karena pelayanan kesehatan itu wajib," tandasnya

Sebelumnya, Rumah Sakit swasta itu di beritakan karena diduga  telah menelantarkan pasien balita yang menderita gejala gagal ginjal akut. 

Pasalnya, sejak masuk rumah sakit pada Senin malam, 24 Oktober 2022, pasien balita dikabarkan tak mendapatkan pelayanan medis dari pihak petugas Rumah Sakit Tiara Sentosa. 

Informasi yang berhasil dihimpun awak media, selama belasan jam berada di rumah sakit swasta tersebut, pasien balita itu tak kunjung mendapatkan pelayanan medis sehingga nampak lemas. 

Kondisi itu menimbulkan keresahan pihak keluarga, karena takut terjadi sesuatu terhadap pasien balita itu. 

Bahkan management Rumah Sakit Tiara Sentosa yang hendak ditemui awak media untuk meminta keterangan terkait keluhan keluarga pasien, menolak untuk menemui awak media.

 

(TIM/RED)

loading...