× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & Bisnis

ANTAM Salurkan Dana Program Kemitraan Senilai Rp1,9Milar untuk Tahun 2022

Dok/foto istimewa Dok/foto istimewa

KOLAKA, (TEROPONGSULTRA) - PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka kembali menyalurkan dana Program Kemitraan senilai Rp1.950.000.000, untuk tahun 2022. Bantuan dana bergulir tersebut disalurkan kepada 22 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah memenuhi syarat sebagai mitra binaan.

Kegiatan penyaluran dana Program Kemitraan kali ini dilakukan secara langsung di gedung UKM Center ANTAM di kelurahan Dawi-dawi, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Senin (31/10/2022).

Manager CSR PT ANTAM Tbk UBPN Kolaka, Maemanah menjelaskan bahwa dari 22 mitra binaan yang menjadi target penyaluran tahun ini didominasi oleh pelaku usaha dari sektor perdagangan. Sementara untuk usaha pertanian, jasa dan sektor lainnya masih sedikit.

Dalam kesempatan itu, Maemanah juga menekankan kepada penerima dana Program Kemitraan untuk bersungguh-sungguh menjalankan usahanya agar mampu mengembalikan angsuran pinjaman mereka sesuai waktu yang telah di sepakati bersama.

"Dana Program Kemitraan ini merupakan kewajiban ANTAM yang diamanahkan kementerian BUMN untuk membantu pelaku UMKM yang sifatnya dana bergulir, sehingga wajib dikembalikan oleh nasabahnya," ujar Maemanah.

Kedepan, lanjut dia, ANTAM juga akan melakukan pembinaan kepada mitra binaan, termasuk membantu penjangkauan pasar melalui UKM Center agar mereka bisa mengembangkan usahanya dan mencapai kemandirian ekonomi.

Sementara itu, Kepala PT PNM Cabang Kendari Salim menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, kali ini pihaknya kembali mendapat kepercayaan ANTAM untuk menjadi mitra pendamping dalam merealisasikan penyaluran Program Kemitraan.

Meski demikian, kata Salim, pihaknya hanya terlibat dalam proses pengumpulan dokumen, verifikasi nasabah dan apresial tabungan.

"Sementara untuk kegiatan penyaluran dananya dilakukan oleh ANTAM sendiri," ujarnya.

Dia berharap, pembiayaan mitra binaan tersebut berjalan lancar, sehingga akan banyak lagi masyarakat yang bisa mendapatkan dana bergulir tersebut. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

loading...