× BerandaDaerahNasionalPolitikHukum kriminalInvestigasiSosial & Bisnis

Jadi Pembicara di Forum LGN-CTI Filipina, Hugua Imbau CTI Libatkan Peran Otoritas Lokal Kota Kendari-Sultra

Hugua, dalam momen sidang SOM 13 LGN-CTI, di Filipina, Kamis (30/11/2017).
Foto: Rudi Hugua, dalam momen sidang SOM 13 LGN-CTI, di Filipina, Kamis (30/11/2017). Foto: Rudi

Kendari, TeropongSultra-Mantan Bupati Wakatobi, Hugua, mengimbau agar peran otoritas lokal melalui Bupati dan Walikota se-Sultra, termasuk Kota Kendari, dilibatkan dalam program aksi yang dianggap mempengaruhi keberhasilan program Local Government Network on Coral Triangle Initiative ( LGN-CTI).

"3 pilar keberhasilan program 6 negara CTI terhadap implementasi program Maritim Kelautan dan Perikanan itu didukung oleh otoritas global, nasional, dan lokal. Kendari, Sulawesi Tenggara memiliki potensi besar, karena itu partisipasi dan peran Ibu Kota Kendari harus dimaksimalkan, sebagai ujung tombak keberhasilan peningkatan potensi wilayah dalam implementasi Rencana Aksi Nasional 6 negara anggota CTI ini," urai Hugua, dalam forum Senior Officilal Meeting 13 (SOM 13), yang dihadiri oleh 6 Negara anggota LGN-LCT, di Philipina, Kamis (30/11/2017).

Hal senada juga dikatakan oleh Romina Estrid Lim, Delegasi CTI Filipina. Dirinya mengapresiasi ide cemerlang politisi PDI P tersebut.

"Beruntung LGN - CTI memiliki Hugua sebagai ketuanya karena Hugua punya semangat, pengalaman dan keterampilan loby yang handal dalam mendorong para Bupati / Walikota 6 negara CTI terhadap implementasi program Maritim Kelautan dan Perikanan yang lebih efektif dan efisien di tingkat lapangan," kata Romina.

Hugua meminta kepada Regional Sekretariat CTI di beberapa event seperti konferensi ,seminar , pameran dan Temu Bisnis dapat dilaksanakan di Kota Kendari, Ibu Kota Sulawesi Tenggara, sehingga Kendari, dan wilayah Sultra lainnya pelan dan pasti mulai dikenal potensi kedaerahannya oleh dunia.

Hal tersebut juga didasari oleh komitmen kuat Walikota Kendari, Adriatma Dwi Putra (ADP), yang menyatakan bahwa Kota Kendari selalu siap menjadi tuan rumah terhadap berbagai event berskala nasional dan internasional saat menerima kunjungan audensi pengurus BPD-PHRI di Kantor Walikota Kendari beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Negara anggota LGN-CTI yang terlibat dalam forum SOM 13 itu, meliputi Indonesia, Malaysia, Philipina, Papua Nugini, Timor Leste dan Salomon Island.

Forum tersebut dihadiri oleh sekitar 200 peserta yang sebagian besar terdiri dari para pejabat senior setingkat Dirjen dan Direktur pada Kementerian yang relevan di 6 Negara CTI, termasuk Lembaga Donor seperti ADB, USAID, AusAid, GIZ serta LSM nasional dan Internasional.

 

Laporan: Dika

Editor: Alifiandra

loading...